january, 2022

21jan09:0010:00Pelatihan Kantor Sendiri (PKS)

Event Details

Pelatihan kantor sendiri (PKS) , PKS merupakan salah satu bentuk dalam pengembangan profesi di bidang keilimuan pengawasan. setiap pelaksanaan PKS telah ditentukan materi pembahasannya serta berbagi peran dalam penyampaian, kali ini mengangkat materi Jabatan Fungsional Auditor dan Angka Kreditnya.

berikut serangkaian aturan Jabatan Fungsional Auditor

Prosedur pengangkatan pertama ke dalam JFA melalui unit APIP mengajukan usulan pengangkatan ke dalam JFA kemudian BPKP menerbitkan persetujuan pengangkatan ke dalam JFA dan selanjutnya dilakukan pengangkatan ke dalam JFA oleh PPK.

berikut skema pengangkatan ke dalam Jabatan Fungsional Auditor

tema pada PKS ini yaitu penilaian dan penetapan angka kredit serta implementasi penyampaian dupak melalui Aplikasi SIBIJAK.

Jenjang pola karir JFA terdiri dari jenjang terampil dan jenjang ahli, setiap jenjang ada sertifikasi sesuai Per Ka BPKP 1274/2010 tentang Diklat dan Dertifikasi Auditor APIP, Auditor harus kompeten dan profesional yang ditunjukkan dengan kelulusan sertifikasi jabatan auditor sebagaimana pasal 51 PP 60/2008 ttg SPIP.

Kegiatan yang dinilai terdiri dari Pendidikan Sekolah, Angka Kredit Penjenjangan yang terbagi unsur utama dan unsur penunjang. bagian unsur utama yaitu pendidikan dan pelatihan, pengawasan serta pengembangan profesi.

Penilaian dan penetapan angka kredit secara reguler dilaksanakan per semester yaitu bulan januari (kegiatan 1 juli s.d 31 desember tahun sebelumnya) dan bulan juli (kegiatan 1 januari s.d 30 juni tahun berjalan). penilaian dan penetapan angka kredit non reguler yaitu jika terdapat keperluan lain tidak harus menunggu januari atau juli namun dapat dilakukan setiap saat dibutuhkan untuk kebutuhan pembebasan sementara dalam jabatan fungsional auditor, mutasi unit kerja dan pengangkatan kembali dalam jabatan fungsional auditor.

Sehubungan dengan Surat Edaran Kepala BPKP Nomor: SE-2415/JF/03/2021 tanggal 13 Desember 2021 tentang Penyampaian DUPAK ke Sekretariat Tim Penilai Angka Kredit Auditor Pusat dan menyusul Surat Edaran Kepala BPKP Nomor: SE-97/JF/03/2022 tentang Perpanjangan Waktu Penyampaian DUPAK ke Sekretariat Tim Penilai Angka Kredit Auditor Pusat, batas waktu penyampaian DUPAK periode 1 Juli s.d 31 Desember 2021 diperpanjang hingga tanggal 30 Juni 2022.

 

Yang harus diperhatikan saat sudah menyusun DUPAK, pastikan data diri sudah sesuai (khususnya pangkat dan jabatan). Jika belum sesuai, maka dapat melakukan pengecekan data diri di SMILE. Pastikan data diri yang terdapat dalam SMILE telah update.

 

Time

(Friday) 09:00 - 10:00

Location

Ruang rapat Inspektorat

Leave a Comment

X