january, 2022

11jan09:0013:00Rapat Internal

Event Details

Rapat kerja Tahun 2022 diawal menjabat sebagai Inspektur, Jumianto,S.Sos.M.M memimpin rapat dengan agenda pembahasan program kerja pengawasan tahunan, pembentukan tim kerja, kalender perencanaan pengawasan tahun 2022.

dalam sambutannya Inspektur menegaskan, kita semua merupakan bagian dari inspektorat maka perlu saling kerjasama dan saling membantu antar semua unit kerja yang ada di inspektorat serta perlu tindakan reaksi cepat atas segala kegiatan yang perlu penanganan serius.

inspektur, mengharapkan bantuan dan dukungan dari rekan-rekan APIP dalam menjalankan program kerja pengawasan tahunan TA.2022 dapat berjalan maksimal dan memenuhi target.

dalam rapat internal ini, ditekankan bahwa standar audit intern pemerintah (SAIPI) mensyaratkan Pimpinan APIP untuk menyusun rencana strategis dan rencana kegiatan audit intern tahunan dengan prioritas pada kegiatan yang mempunyai risiko terbesar dan selaras dengan tujuan APIP. Hal tersebut dimaksudkan agar APIP mengelola dan mengalokasikan sumber daya yang dimiliki secara efektif untuk area yang memiliki risiko tertinggi yang akan berdampak pada tujuan organisasi dan perlu ada komitmen dari APIP untuk melaksanakan penugasan dan menjadi kewenangan dari IRBAN untuk memerintahkan APIP melaksanakan penugasan.

dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) disebutkan peran Aparat Pengendalian Intern (APIP) yang efektif diwujudkan dalam pelaksanaan kegiatan pengawasan intern dalam bentuk kegiatan penjaminan, kegiatan anti-korupsi dan kegiatan layanan konsultasi.

untuk memenuhi persyaratan dalam SAIPI maka APIP Daerah memerlukan sebuah pendekatan sistematis dan terukur untuk memprioritaskan kegiatan berdasarkan risiko terbesar dan selaras dengan tujuan APIP Daerah. Pendekatan tersebut dikenal dengan istilah perencanaan pengawasan intern berbasis risiko.

untuk penyusunan dan penetapan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) dilaksanakan dengan perencanaan pengawasan berbasis risiko sehingga PKPT yang dihasilkan memang benar dan sangat terukur.

dari hasil diskusi dan paparan masing-masing IRBAN, telah tersususn draf PKPT yang selanjutnya diajukan ke bagian hukum setda agar diproses menjadi SK Bupati yang nantinya untuk dijadikan dasar pelaksanaan kegiatan Inspektorat Daerah Kabupaten Nunukan Pengawasan APIP Tahun 2022.

Time

(Tuesday) 09:00 - 13:00

Leave a Comment

X