Presiden Luncurkan Fondasi Baru Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)
 
Core Value ” BerAKHLAK “
Core Values ASN ‘BerAKHLAK’ telah diluncurkan secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo pada 27 Juli 2021 lalu. BerAKHLAK mensarikan dan menyederhanakan nilai-nilai dasar ASN yang ada dalam UU No. 5/2014 tentang ASN serta arahan Presiden RI Joko Widodo yang sering menekankan pentingnya pelayanan kepada masyarakat. Nilai-nilai tersebut dikerucutkan menjadi tujuh nilai yang berlaku bagi ASN di seluruh Indonesia, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Nilai-nilai dalam ‘BerAKHLAK’ masing-masing memiliki kalimat afirmasi dan panduan perilaku dalam membantu ASN mengejawantahkan setiap nilai yang ada.
Implementasi Core Value dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan, Bupati Nunukan menerbitkan Surat Edaran Nomor P/074.a/2022.
 
dalam Surat Edaran tersebut, Kepala Perangkat Daerah dan BUMD dalam melakukan internalisasi secara paralel agar meningkatkan kesadaran terkait Core Value “BerAKHLAK” dan “Bangga Melayani Bangsa” diantaranya melalui:
  1. Penggunaan logo BerAKHLAK dengan #banggamelayanibangsa dalam poster, konten media sosial, latar virtual, twibbon, bahan paparan, dan lain-lain;
  2. Penyisipan informasi BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa dalam setiap kegiatan seperti apel, rapat koordinasi, pertemuan, sosialisasi dan lain-lain;
  3. Penulisan panduan perilaku BerAKHLAK dalam konten media sosial, poster, X-Banner dan lain-lain;
  4. Pemutaran Video panduan perilaku BerAKHLAK di media sosial, media elektronik dan media lainnya;
  5. Pemberian apresiasi atau hal-hal lain kepada ASN sebagai bentuk bangga melayani bangsa;
  6. Penguatan peran agen perubahan reformasi birokrasi;
  7. Atau dapat ditambahkan dengan metode lain yang relevan, kreatif dan inovatif sesuai dengan karakteristik masing-masing.

Panduan Perilaku BerAKHLAK