Jumat, 17 Juni 2022 bertempat di ruang rapat Inspektorat Daerah Kabupaten Nunukan. Jumianto,S.SOS.MM memimpin rapat internal dalam rangka monitoring dan evaluasi capaian kinerja pengawasan berdasarkan Program Kerja Pengawasan Tahunan atau biasa disebut PKPT.

Program Kerja Pengawasan Tahunan Inspektorat Daerah Ta.2022 ditetapkan melalui Keputusan Bupati Nunukan Nomor 188.45/83/I/2022 tanggal 14 Januari 2022.

Pemaparan atas capaian PKPT dari masing-masing Irban disampaikan dalam Rapat Internal tersebut, hingga saat ini kegiatan yang dilaksanakan lebih banyak mandatori sehingga persentase capaian kinerja nya cukup rendah. selain itu, Permendagri 48 Tahun 2021 tentang perencanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pengawasan pemerintah daerah tahun 2022 mengamanatkan jenis audit prioritas yaitu Audit Kinerja dan Audit Ketaatan.

terkait audit kinerja dilakukan pada kegiatan tahun berjalan dengan ruang lingkup program kegiatan yang mendukung sasaran strategis Pemda, serta audit ketaatan dilakukan pada ruang lingkup ketaatan OPD terhadap peraturan perundang-undangan atas Progran dan Kegiatan TA.2022 sehingga 2 jenis audit tersebut dilakukan pada akhir triwulan ke 3, saat program dan kegiatan OPD telah berjalan.

mengenai Audit Kinerja atas pengelolaan keuangan dan aset desa, APIP akan melaksanakan dalam waktu dekat setelah pemetaan risiko desa. karena sebagaimana diketahui bersama terdapat keterbatasan jumlah SDM dan Anggaran terhadap pengawasan desa ini. Jumlah APIP saat ini 26 orang yang terdiri dari 16 Auditor, 1 Auditor Kepegawaian dan 7 P2UPD yang harus mengawasi 232 desa diwilayah Pemkab Nunukan.

Inspektur berharap kegiatan pengawasan dapat berjalan sesuai yang direncanakan, tak lupa juga memberikan semangat kepada APIP yang melaksanakan pengawasan.