Guna mewujudkan pemerintahan yang baik, berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggungjawab di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan, diperlukan adanya peningkatan peranan pengawasan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang efektif dan berkualitas.

manajemen Pemerintah Daerah yang dikenal sebagai Pengawasan dan Dukungan oleh Manajemen terhadap Kegiatan APIP (Management Oversight), peran Wakil Bupati sebagai Penanggungjawab memiliki tugas, wewenang dan tanggungjawab terhadap terlaksananya kegiatan APIP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Senin, 4 Juli 2022. Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Nunukan, Jumianto,S.SOS.M.M didampingi Inspektur Pembantu Wilayah I, Inspektur Pembantu Wilayah II, Inspektur Pembantu Wilayah III, Inspektur Pembantu Investigasi, pejabat fungsional P2UPD serta Kasubag Umum Rumah Tangga bertempat di ruang rapat Wakil Bupati Nunukan menyampaikan laporan kinerja pengelolaan, pengendalian pengawasan serta evaluasi atas efektivitas dari kebijakan terkait pengendalian pengawasan manajemen terhadap kegiatan APIP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan periode semester I tahun 2022 kepada Wakil Bupati Nunukan Hanafiah,SE.M.Si.

pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Nunukan memberikan pengarahan kepada Tim untuk melaksanakan proses pengendalian pengawasan manajemen terhadap kegiatan APIP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan dalam rangka percepatan capaian pengendalian pengawasan sesuai dengan program kerja pengawasan tahunan yang telah ditetapkan.