Selasa, 31 Mei 2022 Inspektur Pembantu Investigasi dan Pengaduan Masyarakat beserta Tim Penanganan Pengaduan Inspektorat Daerah Kabupaten Nunukan melaksanakan sosialisasi Penanganan Pengaduan Masyarakat di SD Negeri 004 Lumbis Ogong, desa Suyadon. 

Dalam pertemuan ini di dampingi oleh UPT Sekolah Dasar dan Menengah Kecamatan Lumbis, Tim Inspektorat menyampaikan tentang layanan pengaduan masyarakat yang ditangani oleh inspektorat serta terkait disiplin PNS.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Inspektur Pembantu Investigasi dan Pengaduan Masyarakat, Muhammad Rifai. Laporan atau pengaduan dapat ditindaklanjuti apabila telah memenuhi kriteria yang sekurang-kurangnya memuat unsur atau informasi sebagai berikut:

  1. Data Pelapor yaitu Nama dan/atau Nomor HP/WhatsApp;
  2. Data Terlapor yaitu Nama, Jabatan dan/atau Alamat;
  3. Perbuatan yang diduga melanggar ketentuan peraturan perundang-
  4. undangan; dan
  5. Keterangan yang memuat fakta, data atau petunjuk terjadinya pelanggaran.

Laporan atau pengaduan dapat ditindaklanjuti apabila telah memenuhi kriteria yang sekurang-kurangnya memuat unsur atau informasi sebagai berikut:

  1. Penyalahgunaan wewenang;
  2. Pelayanan Masyarakat;
  3. Korupsi, Pungutan Liar dan Gratifikasi
  4. Kepegawaian; Konflik Kepentingan dan
  5. Penanganan Kehilangan barang/aset Negara dan Daerah.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah SDN 004 Lumbis Ogong, Tokoh Masyarakat, Aparat Desa serta beberapa warga / orang tua siswa.

SDN 004 Lumbis Ogong memiliki 33 siswa dengan tenaga guru 3 PNS dan 4 guru Honorer, sedangkan jumah KK sebanyak 40.