Apa itu SABER PUNGLI? Menurut Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 Pasal 2, Satgas Saber Pungli bertugas untuk memberantas pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan kemanfaatan personil satuan kerja dan sarana prasarana baik dalam kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah.

guna mencegah pungutan liar di masyarakat Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (SATGAS SABER PUNGLI) Kabupaten Nunukan laksanakan sosialisasi Pengendalian Gratifikasi dan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi. kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan pada kamis, 4 agustus 2022 untuk wilayah kerja kecamatan sembakung atulai, kecamatan lumbis di ruang pertemuan kantor camat lumbis dan jumat, 5 agustus 2022 untuk wilayah kerja kecamatan sembakung di gedung pertemuan SD Negeri 006 Sembakung.

Unit Satgas Saber Pungli Kabupaten Nunukan mengikutsertakan dan mengoptimalkan seluruh potensi masyarakat dalam hal pengawasan tercapainya kegiatan satgas. peserta kegiatan sosialisasi diundang sebanyak 75 orang terdiri dari perwakilan staf kecamatan, UPTD Dinas Pendidikan, Perwakilan Kepala Sekolah dan tenaga pendidik jenjang SD, SMP dan SMA/SMK, Perwakilan tenaga kesehatan.

narasumber kegiatan sosialisasi Pengendalian Gratifikasi dan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi terdiri dari unsur Kepolisian, Kejaksaan dan APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Nunukan. Satgas mengajak dan menghimbau kepada seluruh unsur pelayanan publik untuk bersama sama mencegah adanya pungutan diluar ketentuan perundang undangan yang berlaku bagi masyarakat saat menerima pelayanan publik baik di sarana pemerintah desa, layanan kesehatan dan fasilitas pendidikan.